jump to navigation

Keajaiban Matematika: Inspirasi untuk Guru dan Murid 24 Januari 2007

Posted by NolBuku in Edukasi.
trackback
Judul
Math Wonders to Inspire Teachers and Students
Penulis
Alfred S. Posamentier
Penerbit
Association for Supervision and Curriculum Development
ISBN
0871207753
Rilis
April 2003
Format
PDF
Ukuran
4.2 MB (277 halaman)

beli buku ini di
Amazon.com

Pernah merasa ‘bangga’ ketika mengakui anda tidak pernah suka matematika? Atau prestasi matematika anda selalu buruk? Apakah anda berusaha keras membuat murid anda menyukai matematika? Apakah anda bosan dengan rutinitas dan aspek mekanis dari mengajar kemudian memberikan tes matematika? Buku ini akan memberikan anda banyak ide untuk memperkaya bahan ajar atau pengetahuan anda dan membantu memahami kehebatan alami dari matematika.

Melalui banyak contoh mulai dari aritmatika, aljabar, geometri sampai probabilitas, Alfred S. Posamentier memaparkan tentang simetri, pola, proses, paradoks, dan kejutan lain yang menanti para guru dan murid yang sudah jengah dengan yang bersifat hapalan. Anda akan menemukan keajaiban-keajaiban yang telah dikagumi oleh banyak ahli pemikir dari beberapa generasi. Dengan penjelasan disertai contoh-contoh, buku ini membantu pembaca untuk menyibak kehebatan dalam matematika, diantaranya:

  • Nomor Ajaib 1089. Pilih 3 angka, ikuti petunjuk untuk membalik ketiga angka itu, lakukan pengurangan, dan seterusnya hingga pada akhirnya yang muncul adalah… angka 1,089 lagi!
  • The Pigeonhole Principle. Semua murid tahu bahwa mengira-ngira kadang berhasil juga. Sekarang mereka dapat menggunakan perkiraan itu untuk memecahkan persoalan.
  • Kotak Ajaib. Tantang murid anda untuk membuat kotak ajaib mereka sendiri sehingga pada akhirnya akan mengerti prinsip Kotak Ajaib Dürer.

Penulis menampilkan contoh-contoh untuk mengajak murid dan guru mempelajari matematika–supaya matematika menjadi subyek yang populer, bukan sesuatu yang membosankan dan patut dihindari.

[unduh]

Komentar»

1. mings - 25 Januari 2007

Amazing

2. Paijo - 25 Januari 2007

Saya yakin itu buku yang bagus.
Kalau untuk saya sih kayaknya matematika itu sudah menarik dari sononya. Kalau ada yang membuat penasaran, wah itu bikin makin menarik lagi.
Terimakasih dan salam eksperimen.

3. alle - 25 Januari 2007

ky nya bagus jg🙂

4. helgeduelbek - 26 Januari 2007

Iya saya sudah membacanya sejak juni 2006, dan memang bener bagus isinya terutama untuk guru, murid dan juga orang tua. Jadi rugi tidak membacanya meskipun itu buku bukan barang legal kalau di download, mau yg legal beli saja… muaahal bok.🙂

NolBuku
Saya belum selesai baca, baru liat-liat untuk memastikan bukan hanya judul bukunya saja yang bagus dan menjual🙂
Legalitas memang dilema ya pak Guru. Tapi paling tidak (menurut saya) ini salah satu cara tidak terpuji untuk memotong rantai bodoh karena miskin dan miskin karena bodoh.

5. Siti Holipah - 13 Februari 2007

sepertinya bagus,memang harus ada pembaharuan dalam perub ahan paradigma masyarakat mengenai matematikaterutama bagi para pelajar yang seolah menjadikan matematika sbg momok disekolah.saya kira gdn adanya buku ini para siswa akan tertarik dan timbul kenyamanan tersendiri dalam mempelajari matematika

NolBuku
Iya, memang bagus kok…… bagus lagi kalau ada yang berminat membuat terjemahannya jadi aksesibilitasnya semakin besar.

6. Lintang - 20 Februari 2007

Kl semua bilang bagus…berarti emang buku bagus. Hmm bs kurekomendasikan buat sodaraku yg jd guru🙂

NolBuku
Emang bagus kok😛 ga nyesel wis

7. jose - 11 Maret 2007

ada yang gratisan ga om?

NolBuku
Serius nih nanya’nya? Ya tinggal diunduh, gratis.

8. D_epix - 16 Maret 2007

da g ya yang terjemahan dalam bahasa kita, bahasa indonesia yang sesuai EYD.Coz kalau dalam bahasa indonesia kita akan lebih mudah memahaminya n dijamin pasti banyak peminatnya n yang beli.Termasuk aku!!!!Kita para calon guru matematika sangat memerlukannya!!!!! PLEASE……………………………………….!!
Kalau ada hubungi aku y,kalu bisa sie GRATIZANN!!!!

NolBuku
Saya belum pernah liat yang sudah terjemahan. Saya pribadi lebih milih yang asli daripada (baca) terjemahan.

9. echa_chan - 12 Mei 2007

ehmm..btw di buku ini dijelasin g tentang pengertian bahan ajar dan jenis-jenisnya????????
soalnya q lagi butuh banget bwt referensi.bahasanya simpel g??

NolBuku
Enggak. Buku ini tidak membahas matematika secara kurikulum seperti itu.

10. davi - 6 Juli 2007

hmmmm…………. bagus juga bukunya, tapi sayang ga ada versi indonesinya ya, Oom? coba kalo ada mugkin ponakan saya ga bakal kabur lagi kalo denger matematika. oh iya om btw boleh ga nanti saya terjemahin kedalam bahasa indonesia? makasih ya Oom atas bukunya!

11. pakarfisika - 22 Juli 2007

kalau ada yang tahu segitiga tak mungkin..? tolong kasih link nya. wa bil khsusus Tuan NolBuku. trim’s

12. andib2n - 5 September 2007

Waktu jaman sekolahan dulu kayaknya ada buku “Teka-teki Matematika yang Mengasikkan” berikut sequelnya… Kayaknya isinya sama saja…

13. Nizar Al-Kadiri - 10 November 2007

saya cuma ingin agar orang menjadi senang dengan matematika. saya sering kali menceritakan kehebatan perhitungan matematika pada siswa, namun tidak banyak yang termotivasi. di organisasi ekstra saya dikampus mendapat sambutan yang baik dengan matematika al-quran yang saya kutip dari berbagai sumber dan yang paling mengasikkan adalah matchmagic yang membawasebagian orang yang saya ajak diskusi seperti tidak lagi belajar matematika, padahal kita sudah masuk ke pembahasan. mereka seperti diajak bermain saja dengan angka-angka tersebut. makanya saya ingin sekali mengoleksi buku macam ini untuk menjadi bekal mengajar nanti agar siswa saya tidak bosan menerima materi

14. Nizar Al-Kadiri - 10 November 2007

cuma ingin agar orang menjadi senang dengan matematika. saya sering kali menceritakan kehebatan perhitungan matematika pada siswa, namun tidak banyak yang termotivasi. di organisasi ekstra saya dikampus mendapat sambutan yang baik dengan matematika al-quran yang saya kutip dari berbagai sumber dan yang paling mengasikkan adalah matchmagic yang membawasebagian orang yang saya ajak diskusi seperti tidak lagi belajar matematika, padahal kita sudah masuk ke pembahasan. mereka seperti diajak bermain saja dengan angka-angka tersebut. makanya saya ingin sekali mengoleksi buku macam ini untuk menjadi bekal mengajar nanti agar siswa saya tidak bosan menerima materi

15. irene - 9 September 2008

gmn cr ng-unduhnya y, kok error trusss>>/???
sy trtarik bc judul bukunya

16. fadhl - 28 Februari 2009

keren bgt

17. debrian - 9 April 2009

segitiga tak mungkin kan seni gambar object 3 dimensi,.. mang ada hubungannnya dengan matematika??

18. Paman APIQ - 29 September 2011

matematika memang tidak pernah habis digali….

19. theo - 11 Maret 2013

untung cover bukunya bukan rumus2, bisa pusing duluan kalo kaya gitu. hehee

Pintu Aluminium


Tinggalkan Balasan

